!--pengertianolahraga.blogspot.com-starts-->

Situs Olahraga


Lima Situs Olah Raga Paling Ngetop di Indonesia
Oleh : Atep Afia Hidayat
Situs Olahraga
Olah raga merupakan bagian penting dari kehidupan banyak orang, termasuk informasi mengenai segala sesuatu tentang olah raga. Rubrik olah raga mewarnai pemberitaan di televisi, surat kabar, majalah, bahkan media online. Setiap situs berita (news portal) tentu dilengkapi katagori olah raga yang menyedot perhatian cukup besar dari masyarakat, terutama untuk sajian berita sepak bola, seperti berita actual Liga Italia, Inggris, Spanyol dan Liga Indonesia.

Ternyata di Indonesia banyak situs web yang mengkhususkan diri pada berita, artikel atau konten olah raga. Berdasarkan data dari Alexa.com (Indonesia Traffic Rank  - ITR), lima situs olah raga paling ngetop di Indonesia ialah : 1. Detiksport.com (ITR 18); 2. Goal.com (ITR 36); 3. Bola.net (ITR 264); 4. Simamaung.com (ITR 394); 5. Bolanews.com (ITR 401).

Peringkat pertama, Detiksport.com merupakan bagian dari Detik.com, tampilan situs didominasi warna merah, dilengkapi dengan katagori Basket, Moto GP, F1, Raket, Sepak Bola, Sport Lain, Galeri, Indeks dan Fans Area. Untuk Fans Area antara lain menyajikan Sport Communities Photos Contest dan daftar komunitas yang dilengkapi logo dan deskripsi, seperti Milanisti Indonesia, Juventini Indonesia, United Indonesia, JakOnline, The Brothers (Komunitas Futsal), Persatuan Sepak Bola ITB, Viking Tangerang, Slemania Batavia dan sebagainya.

Detiksport.com juga memiliki Trending Topic, seperti Musim, Gol, La Liga, Red Bull, Kongres PSSI, GP Spanyol, MU, dan sebagainya. Situs olah raga ini dilengkapi flash ajax news yang menyajikan peristiwa aktual. Ada juga jadwal Siaran Langsung, Klasmen dan Peringkat, dan Detik TV berisi cuplikan video olah raga terkini. Detiksepot.com dilengkapi follow melalui Facebook dan Twitter. Sampai dengan Pukul 09.20, Minggu 22 Mei 2011, sebanyak 87.406 orang menyukai Detiksport di Friend Page Facebook.

Peringkat kedua, Goal.com, memiliki tampilan yang relative lebih baik disbanding Detiksport.com. Selain Edisi Indonesia, ternyata situs sepak bola tersedia dalam edisi International, English – America, English - United Kingdom. English – India, Italiano, Deutsch, Español – España, Español - Estados Unidos, Español – Latinoamérica, Français, Português, Nederlands, Türkçe, Cina, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan beberapa Negara Arab.

Goal.com edisi Indonesia dilengkapi katagori Transfer Pemain, Zona Indonesia, Zona Eropa, Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Perancis, Belanda, dan Lainnya. Situs ini memiliki fitur Info Sepakbola Terkini Via SMS dan Edisi Mobile & Aplikasi Ponsel.

Peringkat ketiga, Bola.net merupakan bagian dari KapanLagi.com, dilengkapi katagori atau rubrik Bola Eropa, Bola Indonesia, Bolatainment, Jadwal & Skor, Ragam, Gallery, Tribun dan Olah Raga lain. Selain itu dilengkapi Berita Foto, Galrei Foto Pemain, Basket, Otomotif, Tenis, Bulu Tangkis, Voli dan Olah Raga lain.

Peringkat keempat, Simamaung.com, situs ini mengusung moto “Dunia Daring Bobotoh Persib Bandung”. Situs pendukung (bobotoh) Persib Bandung ini dilengkapi katagori Sejarah, Jadwal dan Hasil, Klasemen LSI 2010/2011, Skuad, Arena Bobotoh, Galeri, Video, Download (berisi Wallpaper Jadwal 2010-2011, Wallpaper Logo Persib, Wallpaper Pemain, WP Pertandingan 2010-2011), dan Tentang Kami. Situs ini juga dilengkapi Simamaung on Facebook, sampai sekitar Pukul 21.45 WIB, Minggu 22 Mei 2011, tercatat 101.201 orang menyukai Simamaung.com. Ada juga Simamaung on Twitter.

Peringkat kelima, Bolanews.com, dilengkapi katagori Liga : Indonesia, Inggris, Italia, Spanyol, Liga Champion, Sepakbola lain, Motorsport, Basket, Raket, Tarung, Cabang Lain dan Kolom. Bolanews memiliki “saudara” dalam edisi cetak, yaitu Tabloid Olah Raga Bola (TORB). Sebanyak 43.704 orang di Facebook menyukai TORB atau Bolanews, selain itu ada juga di Twitter (@bolanewscom).

Nah, itulah lima situs olah raga paling ngetop di Indonesia berdasarkan pemeringkatan dari Alexa.com. Tentu saja peringkat tersebut akan terus bergeser tergantung pada dukungan dan partisipasi para netter penggemar olah raga.
Check artikel lainnya cabang olahraga
Sumber (http://olahraga.kompasiana.com/)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dunia Olahraga