!--pengertianolahraga.blogspot.com-starts-->

Games Olahraga


Persiapan Sebelum Bermain Futsal
Games Olahraga Futsal
Persiapan sebelum bermain futsal. Udah lama gak nulis news lagi di toko online "uneedsport" tercinta ini. Nah, kali ini saya akan share mengenai persiapan sebelum bermain futsal. Dalam hal ini adalah persiapan fisiknya ya! bukan persiapan yang lain. Hehehe. Oke, temen-temen pasti masih bertanya-tanya sampe sekarang, gimana sih caranya yang baik dilakukan sebelum bermain futsal? Ya kan! Nah, disini kita akan bahas satu per satu secara jelas dan singkat saja. Hehehe soalnya capek juga nulisnya bro. Haha.

Persiapan Sebelum Bermain Futsal


Persiapan sebelum bermain futsal. Futsal, seperti juga cabang olahraga permainan lainnya, sering kali menipu.
Begitu asyik kita memainkannya sehingga lupa kondisi tubuh sendiri. Begitu menyenangkannya mengumpan, menggocek, dan mencetak gol, sehingga kita lupa bahwa sebenarnya kita sudah lelah dan butuh istirahat.
Sebelum kamu terjebak dalam pesona futsal yang memabukkan dan tiba-tiba cedera (ringan maupun berat) akibat tidak menyadari kelelahan tubuh yang menghampiri, ada baiknya mengikuti saran dalam beberapa tips sederhana berikut ini. Bukan tips yang akan menjadikan kamu juara futsal, tapi saya jamin akan menghindarkan kamu dari cedera yang tidak perlu.

Persiapan Sebelum Bermain Futsal


Tips 1: Beristirahatlah yang cukup sebelum bermain futsal!
Isitirahatlah yang cukup
Jika esok kamu berencana untuk bermain futsal, maka tidurlah yang cukup malam ini. Lima sampai enam jam tidur nyenyak sudah sangat memadai. Istirahat berkualitas seperti itu akan menjamin kamu bangun dengan tubuh yang segar dan tenaga yang cukup untuk bermain futsal 2×20 menit penuh!
Sebaliknya, jika kamu begadang dan sangat kekurangan istirahat, tidak saja otot kaku dan tenaga tiada, pikiranmu pun akan berjalan lambat. Dan dalam futsal, kelemahan apa yang lebih fatal dibanding kemampuan berpikir yang lamban? Ruang bermain dalam futsal yang sempit menjadikan kecepatan berpikir sebagai senjata yang ampuh untuk meraih kemenangan!

Tips 2: Makanlah makanan yang mengandung banyak karbohidrat sebelum bermain futsal!
Makan karbohidrat dalam jumlah banyak
Pasta, kentang, dan roti panggang adalah contoh makanan yang baik untuk kamu konsumsi sebelum bermain futsal. Tentu saja 3 jam sebelum bermain! Jika kamu makan beberapa saat saja sebelum bermain, semua karbohidrat itu belum sempat terolah menjadi energi. Alih-alih mendapat tambahan tenaga, makanan itu malah akan menjadi beban!
Selama bermain, jika memang diperlukan, kamu dapat memakan setengah atau satu buah pisang. Energi instan yang dihasilkan buah yang murah meriah ini akan sangat membantu. Omong-omong, yang saya maksud adalah pisang dalam bentuk buah segar, bukan dalam wujud pisang goreng.

Tips 3: Pastikan kadar air di tubuh kamu cukup dengan minum secara periodik sebelum bermain futsal!
Minumlah air putih yang banyak
Minumlah secara teratur sejak 2 jam sebelum bermain futsal! Tidak perlu terlalu banyak hingga kamu merasa kembung. Cukuplah minum air sampai kamu merasa tidak haus saja. Satu liter air putih yang dihabiskan bertahap selama 2 jam sebelum bermain futsal rasanya cukup.
Kekurangan air dalam tubuh, disebut juga sebagai dehidrasi, dapat berdampak buruk pada permainan futsal kamu. Dehidrasi menyebabkan otot kaku dan energi berkurang drastis. Juga menyebabkan kelambatan berpikir, seperti halnya kekurangan istirahat.
Gabungan antara kelambatan berpikir dan otot kaku tidak berhenti pada permainan futsal yang buruk, melainkan dapat berlanjut menjadi cedera karena tindakan ceroboh. Sungguh tidak sepadan bukan?

Tips 4: Lakukan pemanasan sesaat sebelum mulai bermain futsal!
Lakukan pemanasan secukupnya
Lakukan peregangan pada otot kaki, pinggang, dan punggung. Jangan terlalu keras, karena bisa membuat kamu cedera. Regangkan otot sampai terasa tidak nyaman namun belum sampai terasa sakit. Ulangi beberapa kali!
Pemanasan yang baik dan benar akan membantu otot kamu untuk siap dipakai berlari. Mendadak berlari cepat dengan kondisi otot yang dingin dan kaku hanya akan berujung cedera.




Next Artikel Olahraga

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dunia Olahraga