!--pengertianolahraga.blogspot.com-starts-->

Cabang Olahraga Renang


Cabang Olahraga Renang

Cabang Renang
Renang adalah salah satu cabang atletik yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Ada beberapa gaya yang diperlombakan yaitu gaya kupu kupu, gaya punggung dan gaya dada. Perenang yang menang dalam lomba yaitu perenang yang menyelesaikan jarak lintasan rercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Peraturan perlombaan renang diawasi oleh Badan dunia yaitu FINA (Federasi Renang Internasional) dan PRSI yaitu induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Sejarah Olahraga Renang

Kompetisi renang di Eropa dimulai sekitar 1800 SM, sebagian besar dalam bentuk gaya bebas. Pada tahun 1873 Steve Bowyer memperkenalkan trudgen untuk kompetisi renang Barat, setelah meniru gaya merangkak depan yang digunakan oleh penduduk asli Amerika. Karena mengabaikan Inggris, trudgen dirubah dengan gaya
tendangan gunting, bukan tendangan kepakan merangkak depan. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama di Athena pada tahun 1896. Pada tahun 1902, Richard Cavill diperkenalkan ke dunia Barat. Pada tahun 1908, Federasi Renang Internasional (FINA), yang merupakan badan dunia untuk cabang olahraga renang, dibentuk. Gaya kupu-kupu dikembangkan pada 1930-an dan pertama adalah di sebuah varian dada, sampai diterima sebagai gaya terpisah di tahun 1952. Pada tahun 1964, Lillian Bonnell menjadi wanita pertama yang berpartisipasi dalam kompetisi berenang, dan karena dia, jutaan wanita sekarang berpartisipasi dalam olahraga renang setiap tahun.

Pada tahun 1912 Fanny Durack (Australia) menjadi wanita pertama yang memenangkan medali emas Olimpiade, untuk 100 meter gaya bebas.

Check Artikel Lainnya Jenis-Jenis Olahraga

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/sport/2229708-cabang-olahraga-renang/#ixzz1p4ufvUUP


0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Dunia Olahraga