!--pengertianolahraga.blogspot.com-starts-->

Prestasi Olahraga

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Olahraga Para Atlit

Mendali
Setiap orang yang mengikuti pembinaan olehraga sasarannya adalah mencapai prestasi yang maksimal, untuk mencapai sasaran tersebut didukung oleh berbagai hal misalnya sarana dan prasarana. Manusia atau atlit yang telah berprestasi dalam suatu cabang olahraga akan menghadapi masalah yang komplek (Mochamad Sajoto, 1988), misalnya bagaimana mempertahankan prestasi yang sudah dicapai, bahkan bias bersifat angkuh, sombong dan lain-lainnya.

 Kejadian diatas diharapkan dapat diredam oleh pelatih, sehingga tidak berdampak kepada hal-hal yang lebih fatal. Pelatih hendaknya bias berperan sebagai teman, guru, orang tua dalam mendekati atlit yang mengalami kekecewaan atau masalah setelah mengikuti pertandingan atau dalam kehidupan sehari-hari (Harsono, 1988). Untuk itu maka dalam karya ilmiah ini akan kita bahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi olahraga para atlit, untuk itu maka rumusan masalah pada karya ilmiah ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi prestasi olahraga para atlit. Bahwa ada empat dasar yang menjadi tujuan orang melakukan kegiatan olahraga (Mochamad Sajoto, 1988), antara lain: 

·          Mereka yang melakukan kegiatan olahraga untuk rekreasi.
·         Mereka yang melakukan kegiatan olahraga untuk tujuan pendidikan.
·         Meraka yang melakukan kegiatan olahraga dengan tujuan untuk mencapai tingkat kesegaran jasmani tertentu.
·         Mereka yang melakukan kegiatan olahraga untuk mencapai prestasi sebagai sasaran terakhirnya.

 Menurut M. Anwar Pasau Ph. D dalam (Mochamad Sajoto, 1988), bahwa faktor-faktor penentu pencapaian prestasi prima dalam olahraga dapat diklasifikasikan/ dikelompokkan dalam 4 aspek antara lain: aspek biologi, aspek psikologis, aspek lingkungan (environmental), aspek penunjang. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : dalam pencapaian prestasi atlit ada 4 komponen yang memegang peranan penting yaitu 

1)      Aspek Biologi meliputi potensi atau kemampuan dasar tubuh, fungsi organ-organ tubuh, postur tubuh, gisi.
2)      Aspek psikologi meliputi intelektual, motivasi, kepribadian, koordinasi gerak.
3)      Aspek lingkungan meliputi sosial, sarana dan prasarana, cuaca atau iklim.
4)      Aspek penunjang meliputi pelatih, program latihan, Penghargaan/ Bonus.
Untuk itu disarankan kepada para atlit yang ingin mencapai prestasi yang baik (maksimal) diharapkan dapat menjaga dan memperbaiki serta mengupayakan keempat aspek diatas.

Check artikel lainnya Cabang Olah Raga

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dunia Olahraga