!--pengertianolahraga.blogspot.com-starts-->

Cabang-Cabang Olahraga


Sumpit dan Gasing Di akui Cabang Olahraga Tradisional
Cabang-cabang Olahraga
 Akhirnya, gasing dan sumpit masuk menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) tradisional, resmi dalam setiap penyelenggaraan Sukan Borneo. Hal ini dicapai, setelah adanya mufakat negara pendiri Sukan Borneo.
Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Sigit Muryono, kemarin di Stadion Madya Sempaja ketika berbicara dihadapan pers, mengenai pelaksanaan Sukan Borneo, yang telah berakhir.

“Nantinya, keduanya wajib dipertandingkan ditiap pelaksanaan Sukan Borneo. Makanya, aturan mengenai penilaian pun telah dituangkan dalam pedoman pelaksanaan,” ujarnya.
Kendati ini merupakan cabang tradisional, namun pendekatan sport science atau ilmu keolahragaan, agar segala sesuatunya terukur dan memudahkan pengambilan keputusan dalam pertandingan.

“Misalnya, dalam cabang sumpit, selain ketepatan sasaran, juga kedalaman lubang menjadi ukuran. Sementara itu, sebelum bertanding alat yang digunakan pun perlu ditera atau ditimbang, berapa berat, berapa panjang, diameter, tingkat kelicinan stik dan berbagai indikator lainnya, agar memudahkan dalam standarisasi peralatan,” ujarnya.

Makanya, biar pun ini merupakan olahraga tradisional, namun pendekatan teknologi tetap diperlukan, bahkan wajib hukumnya.

“Sementara ke depan, jika ada rencana penambahan cabor lainnya, tidak menutup kemungkinan, tinggal menunggu kesepakatan negara-negara pendiri. Yang penting, tujuan dari pelaksanaan Sukan Borneo ini adalah membina persahabatan yang utama, baru bicara prestasi,” pungkasnya.

Check Artikel Lainnya  manfaat olahraga


Sumber :  http://www.berita-olahraga.net/berita-olahraga/sumpit-dan-gasing-di-akui-cabang-olahraga-tradisional.html

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dunia Olahraga